Twitter: @Glissandio

Rabu, 06 Juni 2012

0 komentar





Jika Anda bingung tentang apa itu typhoons (topan), hurricanes (badai) dan tornadoes (tornado), Anda berada di halaman yang tepat. Saya akan mengklarifikasi semua keraguan Anda dengan perbandingan badai vs topan vs tornado, yang akan menyoroti perbedaan penting antara mereka. Walaupun sistemnya berbeda satu sama lain, dalam satu hal mereka adalah sama. Mereka semua malapetaka kecelakaan di semua daerah yang mereka lewati!



Sebelum lanjut ke depan dan masuk ke dalam perdebatan badai vs topan vs tornado, mari kita mendefinisikan istilah ini.

Topan: Definisi
Topan, badai dan siklon tropis tiga nama wilayah yang berbeda khusus untuk jenis yang sama dari sistem badai! Singkatnya, mereka adalah satu dan fenomena yang sama, meskipun bervariasi dalam intensitas sesuai dengan tempat asal dan kondisi.

Jadi, topan siklon tropis alias, alias Badai adalah sistem badai yang aneh, yang memiliki pusat tekanan rendah yang hangat, dengan pasukan badai di sekitarnya. Mereka berasal dari daerah dekat khatulistiwa, sekitar 10 derajat jauh dari itu, di laut.

Tornado: Definisi
Tornado adalah sistem badai yang terbentuk pada daratan karena perbedaan tekanan. Mereka dicirikan oleh besar kolom udara berputar, yang seperti saluran, yang berhubungan dengan awan di bagian atas dan daratan bawah. Mereka bergerak dengan kecepatan fenomenal, menyentuh 300 mph di darat sebelum menghilang.

Badai: Definisi
Sebagaimana disebutkan di atas, badai adalah sama sebagai topan, satu-satunya perbedaan adalah nama. Fenomena yang sama dikenal sebagai topan dan badai di berbagai daerah, sesuai dengan bahasa lokal.

Badai Vs Topan Vs Tornado
Ada poin lebih dari perbedaan dalam perbandingan topan vs tornado, karena mereka adalah dua fenomena yang sama sekali berbeda. Sedangkan, titik-titik perbedaan antara puting beliung dan badai sangat sedikit. Nah sekarang kita memiliki gambaran kasar tentang ketiga hal ini, mari kita lihat titik-titik perbedaan antara mereka.

Badai Vs Topan Vs Tornado: Etimologi
Mari kita mulai membandingkan badai vs topan vs tornado menurut etimologi dari kata-kata.
Kata topan mungkin berasal dari kata bahasa Mandarin, 'Tai Feng',, ungkapan Hakka 'Tai Foong' ungkapan Kanton, 'Dai Fung' yang 'angin Big' semua berarti, secara harfiah. kemungkinan lain asal kata 'Topan' adalah nama Yunani untuk 'Dewa Angin', yang mana 'Typhon' atau dalam bahasa Arab, Persia Hindi dinamakan 'Tufan'. Kelimpahan dan kesamaan kata-kata untuk topan adalah kesaksian fakta bahwa mereka telah menjadi ancaman yang merajalela, sejak dulu sampai selamanya!


Kata 'Badai' berasal dari kata Spanyol, 'Huracan' berarti badai, yang pada gilirannya mungkin diambil dari kata Taino dari bahasa Arawak, yang diucapkan di Karibia.

Kata tornado berasal dari kata bahasa Spanyol untuk tronada disebut badai, yang pada gilirannya berasal dalam tonare kata Latin, yang berarti, 'untuk guntur'. The 'Twister' dan topan juga digunakan untuk tornado. Itu karena, ia mempunyai asal di daerah tropis. Jika siklon tropis terjadi di Timur Laut Samudera Pasifik, Samudera Atlantik Utara, sebelah timur batas penanggalan internasional atau di Samudra Pasifik Selatan, timur 160 derajat lintang Timur, itu disebut 'Badai'. Jika siklon tropis terjadi di Samudera Pacific Northwest, di sebelah barat batas waktu, itu disebut 'Typhoon'.

Badai Vs Topan Vs Tornado: Asal dan Kejadian
Mari kita membahas mekanisme dan daerah asal terjadinya topan, badai dan tornado..

Badai dan topan adalah hal yang sama. Sama seperti mawar dengan nama lain, akan tercium manis, topan dengan nama lain, masih bisa mematikan! Dalam istilah meteorologi, hal itu disebut siklon tropis. Semua badai seperti siklon tropis terbentuk karena perbedaan besar pada tekanan udara, disebabkan karena perbedaan suhu!

Sebuah siklon tropis, seperti angin topan atau tornado, adalah jenis sistem badai, yang telah menutup sirkulasi angin di sekitar pusat daerah tekanan rendah, asal mereka dari Samudra. sirkulasi ini lebih lanjut dipicu oleh panas yang dirilis melalui udara lembab, yang mengembun seperti naik. udara hangat lebih ringan dan karena tekanannya udara rendah. siklon tropis yang ditopang oleh core hangat, yang mempertahankan tekanan rendah di pusat. Mereka dibentuk di daerah tropis setiap tahunnya dan mendatangkan malapetaka saat mereka mendekati daerah pesisir. Contoh terbaru adalah badai Katrina, yang merupakan salah satu badai tropis yang paling merusak merusak tanah pantai Amerika Utara.

Tornado adalah jenis badai besar yang terjadi di darat, juga diciptakan oleh angin, bergerak dari daerah tekanan tinggi ke pusat tekanan rendah. Ini adalah kolom udara yang berputar kencang, bersamaan kontak dengan tanah di bagian bawahnya dan kadang-kadang berupa cerobong seperti awan cumuliform di bagian atas.
Tornado adalah salah satu sistem badai paling mematikan dan paling merusak, yang terjadi di seluruh dunia, tetapi umumnya di Amerika Utara.

Jadi, perbedaan utama badai vs tornado adalah, fakta bahwa badai tropis berasal dari laut, sedangkan tornado dibentuk di daratan.

Badai Vs Topan Vs Tornado: Fakta
Berikut adalah beberapa fakta tentang fakta angin topan dan tornado yang juga menjelaskan titik-titik perbedaan antara dua fenomena tersebut.

Badai atau Tornado sangat kuat diatas laut, menyebabkan pasang surut dan hujan lebat disekitarnya, namun melemah dan mati saat mereka di atas daratan, menyebabkan kerusakan besar di daerah pesisir.
Ada lagi titik kesamaan antara badai dan topan, yaitu keduanya berasal dari sistem pusaran yang berbasis.
Karena, yang 'efek Coriolis' badai dan topan di belahan bumi utara berputar berlawanan arah jarum jam, sebaliknya searah jarum jam di belahan bumi selatan.
Bagian pusat atau mata topan bisa seluas 370 kilometer! Musim badai untuk Samudra Atlantik Utara dimulai dari 1 Juni dan berlanjut sampai 30 November.

Kecepatan angin rata-rata dari tornado 40-110 mil per jam, namun beberapa yang paling kuat mencapai kecepatan angin lebih dari 300 mil per jam!
Ada tiga jenis tornado, yang landspout, pusaran tornado dan waterspout.
Sebuah sistem peringatan tornado dibuat dengan menggunakan radar cuaca dan rantai spotters badai. Tindakan keselamatan Tornado antaranya; peringatan dini, pengumuman dan pembangunan tempat bersembunyi bawah tanah.
Jumlah kebanyakan tornado terjadi di sebuah daerah di Amerika Serikat yang disebut 'Tornado Alley'. Musim Tornado dimulai di musim semi karena merupakan masa transisi pada temperatur.

Harapannya perbedaan badai vs topan vs tornado ini bisa menjelaskan pandangan Anda mengenai tiga istilah ini.
Berapa banyak teknologi yang pernah kita kembangkan , kita tidak akan pernah mampu menjinakkan alam sepenuhnya. Sebuah sistem peringatan dini adalah satu-satunya mekanisme yang dapat menyelamatkam kita dari murka alam!
source



Berikutnya untuk nama2 typhoon setiap musim/tahun nya berganti.
Dan untuk satu musim biasanya memakai nama2 wanita dan musim berikutnya nama2 pria. Dan penamaannya berurut mengikuti abjad misalnya;

Farida, Giu, Hotchimol dan seterusnya.

Musim berikutnya;

Gigi, Mas, Nunu, Ompong, dst

Namun belakangan ini nama2 Asia mulai masuk

Damrey = Gajah (Kamboja)
Haikui =Suatu jenis binatang laut yang penampilan seperti bunga matahari (Cina)
Kirogi = angsa Liar (DPR Korea)
Kai-tak = Nama dari bandara lama HK, (Cina)
Tembin = Libra, keseimbangan, alat berat (Jepang)
Bolaven = Dataran Tinggi di bagian selatan LAO (Laos)
Sanba = Nama tempat di Macao (Macao, Cina)
Jelawat = Seekor ikan air tawar (Malaysia)
Ewiniar = Chuuk badai tradisional tuhan (Mikronesia)
Maliksi = kata sifat yang berarti cepat (Filipina)
Gaemi = Semut (RO Korea)
Prapiroon = Dewa hujan (Thailand)
Tinh = gunung dalam mitos Vietnam (Viet Nam)

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+
Frafiez Family © 2009 - 2014. Keep Cheerful for Shared