Twitter: @Glissandio

Selasa, 07 Januari 2014

0 komentar

Goyang paling fenomenal





Menari/berjoget/bergoyang adalah salah satu bentuk tindakan manusia dalam berimajinasi  dan mengekspresikan diri. Dalam melakukan tindakan tersebut membutuhkan suatu rancangan gerakan tubuh yang mensinkrokan gerakan dengan alunan musik dan nyanyian. Gerakan-gerakan tubuh inilah yang kita sebut sebagai tarian. Ada berbagai jenis tarian di dunia. Masing-masing tarian tersebut memiliki makna serta kekhasan dalam koreografinya. Namun ada pula jenis tarian bebas yang tidak memiliki aturan tersendiri dalam koreografinya namun tetap dapat menarik minat orang dalam melakukannya. Virus joget kembali menggetarkan dunia. Apa sajakah tarian-tarian yang sedang dan pernah populer di dunia tersebut? berikut ulasannya yang saya kutip dari berbagai sumber.

1. Harlem Shake

Selalu ada tren baru di Youtube, yang kemudian cepat mewabah ke segala penjuru dunia. Masih belum lekang di ingatan kita "tarian kuda" asal Korea Selatan, Gangnam Style, yang menjadi tren. Bahkan, tarian khas tersebut memecahkan rekor video Youtube dengan penonton terbanyak.

Setelah wabah Gangnam Style mulai mereda, kini muncul tren baru di youtube yang juga cepat mewabah seperti Gangnam Style. Tren baru ini juga berupa video tarian yang dikenal dengan: Harlem Shake. Kalo Gangnam Style berciri tarian kuda ala Psy, Harlem Shake berciri tarian sekelompok orang tiba-tiba menggila setelah ada penari bertopeng datang ke tempat mereka.
Harlem Shake dari sebuah versi
Harlem Shake merupakan sebuah tarian asal Harlem, New York Amerika Serikat, yang terkenal sekitar tahun 80'an. Harlem dance biasanya dilakukan dengan cara menggerakkan pinggul dan tangan secara bersamaan ke depan dan kebelakang.  

Harlem Shake sebenarnya merupakan judul lagu dari musisi elektronik Baauer. Lagu ini kemudian dibuat latar tarian gila yang kemudian populer dengan nama itu. Menurut blog Youtube-Trends tarian ini pertama kali dipopulerkan oleh video berjudul “Do The Harlem Shake”  yang berisi empat pria menari dengan kostum aneh. Namun pakem aksi Harlem Shake yang kemudian diikuti video lainnya dibuat oleh lima anak muda TheSunnyCoastSkate dengan video “The Harlem Shake”.

Video yang mulai muncul awal Februari ini kemudian mewabah ke mana-mana. Seperti bola salju, video itu membuat banyak orang membuat video serupa. Hanya dalam beberapa hari puluhan ribu video dengan tema serupa diunggah ke youtube. Lagu Harlem Shakenya Baauer pun kebanjiran download dan menempati tangga terata di iTunes Amerika Serikat dan negara lainnya.

Tak hanya di luar negeri saja, wabah ini juga menular sampai ke Indonesia. Banyak orang Indonesia ikutan membuat video Harlem Shake ini. Bahkan banyak versi kantoran juga, mulai dari kantor agensi sampai media online. Video Harlem Shake versi Indonesia bisa anda lihat dengan mengetik kata kunci “Harlem Shake Indonesia” di youtube. 

Sumber:

2. Gangnam Style

Sebagian kalangan mungkin masih bingung saat menemukan kata-kata Gangnam styleGangnam styleadalah koreografi dengan gaya menunggang kuda yang dibawakan Psy dalam video klipnya. Tak bisa dipungkiri memang lagu milik Psy ini begitu digilai selain karena ciri khas tarian yang unik dengan 'tarian kuda' yang begitu atraktif.

Tidak hanya terkenal di kalangan penggemar musik K-Pop, Gangnam Style bahkan sudah mencapai popularitas global dan menembus musik Amerika. bahkan banyak jajaran bintang Hollywood menjadi penggemar Gangnam Style.

Gangnam adalah kawasan yang terletak di bagian selatan sungai Han di Seoul, dengan bagian utara sungai itu bernama Gangbuk. Gangbuk awalnya menjadi jantung kota Seoul sampai akhirnya Gangnam mulai dikembangkan di tahun 1970an.


Ketika kawasan Gangbuk menjadi pusat kawasan yang dihormati terutama menjadi tempat tinggal Dinasti Joseon dan presiden Korea Selatan sekaligus pusat ekonomi, Gangnam mulai berubah setelah kawasan ini didesain ulang menjadi daerah komersial dan dibangun infrastruktur transportasi moder di tahun 1970-an.

Distrik Gangnam sendiri dibagi menjadi 22 kawasan. Di antaranya adalah kawasan yang akhirnya menjadi daerah mewah dan berkelas seperti Apgujeong, Cheongdam, Yeoksam, Samseon, dan Nonhyeon.

Proses pengembangan kawasan Gangnam mulai semakin pesat di tahun 80an dan menyebabkan masalah yang mengakibatkan harga tanah menanjak lantaran spekulasi real esrare. Bahkan beberapa sekolah prestisius di kawasan Gangbuk berpindah ke Gangnam. Area bernama Distrik Sekolah Gangnam 8 akhirnya menjadi kawasan sekolah paling berkualitas di Korea Selatan.

Gangnam semakin dikenal dengan kehidupan kelas atas dan dunia malamnya yang gemerlap. Gangnam kini diisi oleh pusat perbelanjaan mewah, restoran, dan nama-nama agensi entertainment raksasa K-Pop seperti SM Entertainment dan JYP Entertainment. Gangnam bahkan mendapat julukan sebagai Beverly Hills-nya orang Korea.

Perkembangan tak merata antara Gangnam dan Gangbuk membuat jurang perekenomian masyarakat yang begitu dalam. Selama 4 dekade terakhir, Gangnam telah menjadi ikon untuk orang-orang kalangan jetset di Korea yang mewakiliki kehidupan mewah kaum borjuis di Korea Selatan.
Psy & para penari latar sedang berGangnam Style dalam sebuah video klip
Gangnam Style merupakan istilah yang digunakan oleh warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mewah yang berhubungan dengan Distrik Gangnam, sebuah kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit tempat tinggal banyak artis papan atas, publik figur, maupun para chaebol dan orang terkenal lainnya. 90 % dari 300-an klinik operasi plastik di Korea Selatan terdapat di distrik Gangnam ini. Video musik dari lagu ini menggambarkan Psy menari di berbagai lokasi di Gangnam.Lagu ini sendiri menceritakan tentang gaya lelaki Gangnam kaya raya yang disukai banyak wanita.

Tarian kuda yang menjadi ciri khas lagu itu. Tapi dari mana sebenarnya julukan tarian kuda itu berasal?

Seperti yang banyak diketahui dalam drama Korea, terkadang ketika sebuah karakter diceratakan merupakan tokoh yang kaya raya, salah satu kegiatan yang seringkali mereka lakukan adalah berkuda. 
 

Sama dengan apa yang ada dalam cerita drama Korea, konon pemuda di kawasan Gangnam kerap kali menunjukan kehidupan borjuis mereka dengan berkuda. Sehingga jika PSY memilih tarian kuda dengan lagu Gangnam Style, maka keterkaitan itu terasa lebih cocok. Bagaimana menurut kalian?

Sumber:

3. Shuffle Dance

Jenis tarian ini sedang marak di kalangan anak muda sekarang. Apa sih shuffle dance itu? Shuffle dance adalah tarian yang menitikberatkan pada gerakan kaki dan tumit sehingga terlihat menempel di lantai, sesuai dengan artinya yaitu menyeret kaki. Selintas tarian ini mirip dengan tarian moon walkmilik Michael Jackson namun berbeda. Kata shuffle dance sendiri berasal dari kata Melbourne shuffle.Memang tarian ini lahir di Melbourne Underground Scene, Australia pada tahun 1980an. Mereka yang menarikan gerakan ini disebut shufflers.

 Di luar negeri tarian ini sudah terkenal sejak lama, termasuk ABG-ABG di negara tetangga kita, Malaysia dan Brunei. Di Indonesia sendiri, shuffle dance semakin populer. Mungkin untuk kalian yang sepantaran dengan saya masih ingat di tahun 2000an sewaktu jaman SMA, terkenal dengan para B-boy denganbreakdance-nya. Nah, sekarang ini jamannya shuffle dance. Di Indonesia, awalnya tarian ini banyak dilakukan di tempat-tempat clubbing. Tapi sekarang banyak anak muda yang membawanya ke jalanan. Ajang  shuffle meet up juga sudah banyak digelar oleh komunitasnya yang bernama Indo Rockers. Shuffle dance pun menjadi bagian dari lifestyle anak muda.

Sumber:
http://pwawasan.blogspot.com/2011/11/asal-usul-shuffle-dance.html

5. Asereje

Trio asal Spanyol Las Ketchup, yang mempopulerkan goyangan Asereje
Masih ingatkah Anda dengan lagu Asereje? Lagu dan tarian asal Spanyol ini juga pernah menggoyang seluruh dunia karena gerakan tangannya yang khas. Asereje pertama kali dibawakan oleh trio Last Ketchup di tahun 2002.


Gerakan tarian ini energik ditambah musik yang ceria membuat Asereje makin populer di seluruh dunia. Namun sayang, lagu yang diiringi tarian menawan tersebut pernah mendapat kecaman karena liriknya dianggap memuja setan.

 6. Macarena


"E... Macarena," kata ini mungkin sudah familiar di telinga Anda yang berusia di atas 20 tahun. Ya, Macarena merupakan salah satu lagu dan tari yang paling terkenal di dunia. Single ini pertama kali dirilis 15 Agustus 1995 oleh duo asal Spanyol bernama Los Del Rio. Lagu Macarena juga pernah bertengger di posisi satu chart musik Amerika selama 14 minggu berturut-turut. 

Lagu ini awalnya tanpa tarian, sampai seorang instruktur Flamenco dari Venezuela berinisiatif menciptakan untuk ditarikan dalam kelas tari nya, dan akhirnya menyebar keseluruh dunia. Tarian Macarena ditarikan bersamaan dengan lagu Macarena yang dipopulerkan oleh duo asal Spanyol Los Del Rio.


Di balik legenda masih menyisakan pernik budaya instan. Muncul beberapa saat, hilang pun cepat. Jamaika, debutan Piala Dunia 1998, menyeruak ke permukaan dengan goyang reggae. Dengan gaya permainan grusak-grusuk, Jamaika, anak bawang dalam peta sepak bola dunia, membuat kawasan Karibia dikenang orang.

Spanyol, yang pada zaman keemasannya mengangkangi Amerika Latin, tertinggal jauh dari Brasil dan Argentina. Namun, siapa tak ingat dengan irama macarena yang dipopulerkan Spanyol? Irama musik mengentak-entak dan magis itu pun melahirkan goyang macarena.

Pada tahun 1996, empat penjuru angin tiba-tiba dilanda goyang macarena! Nun jauh di Semenanjung Korea, tepatnya Seoul, sedang dilanda "prahara" demonstrasi puluhan ribu buruh yang menuntut kenaikan gaji. Entah siapa yang punya ide gila, seorang kopral polisi menghidupkan tape recorder dengan kaset macarena. Apa yang terjadi? Aneh bin ajaib, puluhan ribu buruh yang sebelumnya tak mempan oleh tembakan water cannon maupun semprotan gas air mata, tiba-tiba luluh-lantak. Spontan, mereka menyejajarkan tangan sebahu dan terbius menari macarena bersama-sama!

Jangan bilang macarena hanya "memabukkan", tetapi lihatlah Bill Clinton dan Al Gore. Dalam sebuah kampanye presiden dan wakil presiden untuk empat periode kedua di Arkansas, seorang kompatriotnya mengalunkan macarena.

Sumber:
http://mahmudiono.multiply.com/journal/item/17/Macarena?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=1006030116226

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+
Frafiez Family © 2009 - 2014. Keep Cheerful for Shared